Kisah Islami Part 1: Al-Qur'an Sebagai Pembela di Hari Akhirat

Kisah Islami Part 1: Al-Qur'an Sebagai Pembela di Hari Akhirat

Bunayya - Pada suatu hari yang tenang, Abu Umamah r.a. duduk bersama para sahabat, ketika Rasulullah S.A.W. datang dan mulai berbicara tentang keutamaan mempelajari Al-Qur'an. Dengan penuh kelembutan dan kebijaksanaan, beliau berkata, "Pelajarilah Al-Qur'an, karena di akhirat nanti, ia akan datang sebagai pembela bagi para ahlinya, di saat mereka sangat membutuhkannya."

Di hari akhirat, ketika manusia berdiri di Padang Mahsyar, penuh dengan ketakutan dan kegelisahan, Al-Qur'an akan muncul dalam wujud yang sangat indah, memancarkan cahaya yang menenangkan. Ia akan mendekati orang-orang yang telah menghabiskan waktu mereka untuk mempelajari dan mengamalkannya, lalu bertanya, "Kenalkah kamu padaku?"

Orang-orang yang pernah membaca Al-Qur'an akan terpesona dan bertanya, "Siapakah kamu?"

Dengan lembut dan penuh kasih, Al-Qur'an menjawab, "Akulah yang kamu cintai, yang kamu sanjung. Aku adalah yang membuatmu bangun malam untuk menghafal dan membacaku, dan kamu juga membacaku di siang hari dalam keheningan hatimu."

Orang-orang itu kemudian akan teringat dan bertanya, "Apakah kamu Al-Qur'an?" Al-Qur'an akan mengangguk dengan senyuman, kemudian menuntun mereka menghadap Allah S.W.T. Allah, yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, akan memberikan kerajaan di tangan kanan mereka dan kekekalan di tangan kiri mereka, serta sebuah mahkota kemuliaan diletakkan di atas kepala mereka.

Tidak hanya itu, kedua orang tua mereka yang muslim juga akan dihiasi dengan perhiasan yang sangat indah, yang tidak bisa dibandingkan dengan dunia dan segala isinya. Mereka akan terpana dan bertanya, "Dari mana kami mendapatkan semua ini, padahal amal kami tidak seberapa?"

Dengan penuh kebahagiaan, dijawab, "Kamu diberi semua ini karena anakmu telah mempelajari dan mengamalkan Al-Qur'an."

Kisah ini bukan hanya tentang keutamaan mempelajari Al-Qur'an, tetapi juga tentang cinta dan dedikasi terhadap kitab suci yang akan membawa berkah tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga bagi keluarga dan orang-orang terdekat. Dalam setiap ayat yang dibaca, dalam setiap malam yang dilalui dengan tilawah, ada jaminan dari Allah S.W.T. akan balasan yang luar biasa di akhirat kelak.

Semoga kita semua termasuk ke dalam golongan orang-orang yang mencintai Al-Qur'an, mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, dan mendapatkan syafaatnya di hari akhirat. Dengan demikian, kehidupan kita akan penuh dengan cahaya petunjuk dan kedamaian, baik di dunia maupun di akhirat.

Bang Rayyan
Bang Rayyan Saya adalah seorang blogger dan youtube, salahsatunya adalah blog Bunayya ini

Tidak ada komentar untuk "Kisah Islami Part 1: Al-Qur'an Sebagai Pembela di Hari Akhirat"